Photobucket

rss

Selasa, 04 Mei 2010

TUHAN SELALU HADIR dan TUHAN TETAP HADIR

MAZ 139:5 “Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku”

Perjalanan hidup seseorang dapat dilukiskan kedalam sebuah diagram perjalanan iman. Diagram perjalanan iman terdiri dari sebuah garis horizontal yang menunjukkan tahun-tahun kehidupannya dan sebuah garis vertical menunjukkan bahwa Tuhan hadir (untuk daerah diatas garis horizontal) atau Tuhan tidak hadir (daerah di bawah garis horizontal). Sebagai manusia yang lemah, hampir dapat dipastikan kita pernah berpikir bahwa Tuhan pernah tidak hadir dalam hidupnya, terutama saat dia mengalami badai. Apakah benar Tuhan pernah tidak hadir dalam situasi atau kondisi tertentu di kehidupan seseorang? Jangan-jangan itu perasaan kita saja dan hati kita tidak terbuka bagi Tuhan.

Perjalanan iman saya juga mengalami kondisi dimana suatu saat saya merasa Tuhan hadir dalam hidup saya, namun pada titik yang lain, saya berpendapat Tuhan tidak hadir dalam hidupnya. Dalam hal ini wajar, karena saya menganggap kehadiran Tuhan berdasarkan perasaan saya. Saat hati saya gembira dan saya mendapatkan hal yang baik yang diinginkan, saya merasa Tuhan hadir bahkan dekat dengan saya. Tuhan mengasihi saya. Namun sebaliknya , saat perasaan saya tertekan oleh karena masalah yang berat, saya merasa Tuhan tidak ada disampingnya.. Saya menganggap bahwa Tuhan tidak menolong ataupun tidak mengulurkan tangan-Nya. Pendapat ini tentunya tidak fair bagi Tuhan karena saya menilai kehadiran Tuhan berdasarkan ukuran saya, yaitu perasaan atau suasana hati. Seolah-olah kehadiran Tuhan hanya saya gunakan untuk kepentingan saya saja. Padahal hati sayalah yang keras untuk berseru kepada-Nya, saya terlalu angkuh untuk meminta pertolongan-Nya. Saya menganggap semua persoalan dapat saya selesaikan tanpa pertolongan Tuhan.

Tuhan itu sangat dahsyat. Tuhan sangat sabar terhadap anak-anak-Nya. Dia selalu menantikan anak-anak-Nya mau kembali dan menyerahkan kedaulatan hidupnya kepada Tuhan. Jika memang waktunya Tuhan, tidak ada seorang pun termasuk saya dapat menghalangi Tuhan bertindak. Saat Tuhan memanggil saya dalam keadaan berlepotan dengan lumpur dosa, saya menyerahkan diri agar Yesus menjadi penguasa tunggal atas hidup saya. Jesus mengampuni segala perbuatan-perbuatan dosa saya yang jijik dimata Tuhan. Dia membasuh saya dengan darah-Nya yang mahal dan tak bernoda. Agar saya dapat hidup sesuai kehendak Tuhan, Jesus memberikan anugerah iman kepada saya (Ef 2:8), ini bukan hasil usaha saya tetapi semata-mata karena kasih karunia Allah. Dengan iman yang dianugerahi oleh Tuhan, saya dengan pertolongan Roh Kudus, memperoleh hikmat bahwa saya dan saudara sangat berharga dimata Tuhan (Maz 116:15; Yes 49:5). Sebelumnya Tuhan telah membentuk dan menenun saya (Maz 139:13) dengan teliti dan cermat, sehingga sudah sepantasnya saya dipelihara, diawasi, dilindungi dan dihidupi oleh Tuhan. Jika saya saja, dapat menghargai karya yang saya buat, apalagi Tuhan tentunya sangat sayang dan mencintai apa yang Tuhan ciptakan dimana kesempurnaan ciptaan-Nya jauh lebih dari apapun dari segala karya sejarah manusia.

Dari ayat renungan di atas, sangat jelas bahwa Tuhan selalu hadir setiap saat, setiap waktu,bahkan Tangan Kanan-Nya yang kokoh melindungi kita dari serangan udara (roh-roh jahat) yang ingin menyerang kita. Seluruh tubuh kita dibentengi oleh Tuhan sendiri, hanya kita saja yang tidak mau Tuhan membentengi kita. Kita kepingin bebas dan tidak terikat. Ingat Mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar dan yang dikasihi-Nya (1Pet 3:12). Hanya satu cara untuk dikasihi Tuhan adalah melakukan segala perintah-perintah-Nya ( 1Yoh 5:3). “Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat”

Kiriman: Soejono

0 komentar:


Posting Komentar

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Admin

Entri Populer

Blog Stats

FEEDJIT Live Traffic Feed

 

Followers


Firefox Some Rights Reserved