Photobucket

rss

Minggu, 25 April 2010

Legio Maria

01. Apakah Legio Maria (LM)?
Legio Maria adalah organisasi kerasulan awam yang terbesar dalam Gereja Katolik. Ada 3 jutaan anggota aktif yang tersebar di berbagai negara di seluruh dunia. Legio Maria ini telah disetujui oleh 6 Paus dan didukung oleh Konsili Vatikan II. Jadi memang ini adalah organisasi orang-orang awam yang mempunyai semangat merasul.

02. Kapan dan siapa pendiri LM?
Legio Maria didirikan pada tanggal 7 September 1921 di Dublin Irlandia. Yang menjadi tokoh pendiri dari Legio Maria ini adalah Frank Duff seorang awam katolik yang tekun dan setia dalam karya kerasulan. Jadi kini Legio Maria sudah lebih dari 89 tahun usianya.

03. Apakah tujuan utama LM itu?
Tujuan utama Legio Maria adalah memuliakan Tuhan Allah melalui pengudusan anggota-anggotanya. Anggota Legio Maria biasa disebut Legioner.

04. Bagaimana karya-karya LM?
Anggota Legio Maria atau Legioner menjadi sarana Roh Kudus melalui doa dan pelayanan yang terprogram secara proposional. Karya-karyanya meliputi kunjungan dari rumah ke rumah, kunjungan keluarga, pelayanan di penjara, mengunjungi orang sakit dan orang lanjut usia, kunjungan insidental, pelajaran agama, mengunjungi para baptisan baru, devosi Maria dan menghadiri pertemuan-pertemuan kerohanian.
Para Legioner debina oleh seorang pemimpin rohani yang diangkat pleh pastor paroki. Dengan kata lain Legioner adalah perpanjangan hati dan tangan seorang gembala/pastor. Jadi dapat disimpulkan bahwa Legioner adalah mitra kerja karya pastoral para imam yang berkarya di paroki.

05. Bagaimana LM berkarya?
Setiap minggu sekali para Legioner berkumpul dalam suatu wadah yang disebut Presidium, untuk berdoa, merencanakan dan membicarakan karya kerasulan dalam suasana kekeluargaan. Lalu dalan satu pekan itu Legioner berdua-dua melakukan karya kerasulan dibawah bimbingan seorang pemimpin rohani.

06. Siapa-siapa yang bisa bergabung?
Legio Maria terbuka bagi semua orang katolik yang:
* setia mempraktekan hidup keagamaan dengan sesungguh-sungguhnya.
* tergerak oleh keinginan untuk memenuhi dalam kerasulan gerejani melalui Legio Maria
* siap sedia memenuhi tiap-tiap tugas yang melibatkan anggota aktif Legio

07. Bagaimana kita bisa menjadi anggota LM?
Langkah pertama, ialah menjadi tamu pada suatu rapat Legio Maria. Tamu-tamu selalu diterima dan dapat bergabung dalam pelaksanaan tugas legio bersama dengan Legioner yang sudah berpengalaman.

Langkah kedua, bila Anda mantap maka Anda mendaftarkan diri dan akan dapat diterima menjadi calon anggota melalui persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi.

Langkah selanjutnya, pada waktu yang ditentukan akan diterima secara resmi menjadi anggota Legioner dengan mengucapkan Janji Legio.

08. Apakah ada LM di Paroki-Paroki?
Ada, bahkan di hampir tiap paroki ada Legio Maria. Bagi para peminat Legio Maria dapat menghubungi gereja-gereja paroki terdekat dengan para peminat.

09. Bagaimana kesan-kesannya menjadi anggota anggota LM?
Kesannya tentu menyenangkan, menggembirakan dan membahagiakan karena:
* Bisa melatih kedisiplinan dalam hidup
* Berdoa bersama dan menjadi rasul awam yang mau perhatian terhadap siapapun yang memerlukan kehadiran, sapaan kasih dan doa bersama Bunda Maria yang menjadi sumber semangat dalam karya kerasulan Legioner.

10. Istilah-istilah yang sering muncul dalam Legio Maria.
Berikut ini kami tampilkan beberapa istilah yang sering muncul dalam Legio Maria antara lain sebagai berikut: Tessera, Veksilum, Alokusio, Presidium dan Acies

Tessera
Tessera adalah sebuah lembaran yang berisi doa-doa legio dilengkapi dengan sebuah reproduksi gambar Legio Maria. Tessera juga merupakan tanda persatuan dan Perserikatan antar para Legioner dimanapun berada. Setiap rapat selalu mendoakan Tessera bahkan para anggota non aktif pun perlu mendoakan doa-doa Tessera.

Veksilum
Veksilum adalah panji Legio Maria. Dalam panji itu terdapat aneka simbol yang menandakan jiwa dan semangat Legioner. Dalam Veksilum itu ada ukiran/gambar merpati lambang Roh Kudus. Dibawah burung merpati terdapat palang salib yang bertuliskan LEGIO MARIA dan terdapat lukisan Maria Medali Wasiat. Dibawahnya terdapat tangkai pegangan yang ditancapkan di bola dunia. Hal itu melambangkan bahwa dunia ditaklukkan oleh Roh Kudus yang berkarya melalui Maria dan putra-putrinya.

Alokusio
Alokusio adalah amanat Panglima Romawi kepada para prajuritnya. Alokusio dalam hal ini berarti sebuah amanat singkat yang disampaikan oleh pemimpin rohani untuk menyemangati para Legioner. Legioner hendaknya menerima amanat itu dengan gembira dan lebih bersemangat untuk menyelamatkan jiwa-jiwa dalam doa dan karya.

Presidium
Presidium adalah satu unit Legio Maria yang terdiri dari beberapa Legioner. Tiap presidium diberi nama menurut salah satu gelar Maria misalnya Maria Ratu atau nama salah satu karunia istimewa dari Bunda Maria seperti Yang Semula Jadi Tak Bercela. Tiap presidium mempunyai pengurus inti yang disebut perwira. Pengurus inti terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara.

Acies
Acies merupakan salah satu tugas legio yang diadakan oleh dewan kuria untuk mengumpulkan angota-anggota Legio secara berkala supaya dapat saling mengenal dan semangat berkumpul mereka terpelihara. Salah satunya bernama acies. Acies adalah acara tahunan dimana para Legioner melangsungkan upacara penyerahan diri kepada Bunda Maria. Penyerahan diri ini meliputi penyerahan diri individual maupun kolektif. Hal ini biasanya dilaksanakan pada tiap tanggal 25 Maret atau pada tanggal yang berdekatan. Diwajibkan setiap Legioner bisa hadir karena di dalam acara acies ini memperbaharui janji kepada Bunda Maria dan untuk menerima kekuatan dan berkat dari Maria sebagai bekal untuk pertempuran selama satu tahun yang akan datang dalam melawan kekuatan setan.

II. Apakah hak dan kewajiban umat katolik itu?
Dalam Kitab Hukum Gereja Katolik disebutkan bahwa setiap orang katolik mempunyai hak dan kewajiban sebagai orang katolik. Dalam kanon 225 dikatakan bahwa orang kritiani berdasarkan baptis dan penguatan ditugaskan ALLAH untuk mengusahakan agar warta illahi keselamatan dikenal dan diterima oleh orang di seluruh dunia (Kanon 224-231). Dengan kata lain semua orang katolik mempunyai hak dan kewajiban untuk ikut serta mewartakan kabar keselamatan kepada semua orang.
Akhirnya kami berharap dengan media ini para pembaca tergerak untuk ikut serta bergabung bersama untuk menjadi umat beriman yang mau terlibat dalam penyelamatan jiwa-jiwa.
Tuhan Memberkati.

Disalin dari: Kuria Bunda Mempelai Roh Kudus - Paroki Kristus Raja Surabaya (Expo 24 April 2010 - 25 April 2010)

0 komentar:


Posting Komentar

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Admin

Entri Populer

Blog Stats

FEEDJIT Live Traffic Feed

 

Followers


Firefox Some Rights Reserved